Cara Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah

Cara Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah

Hari pertama anak bersekolah merupakan hari yang sangat penting bagi anak dan orangtua. Namun, perubahan rutinitas, memasuki lingkungan baru, bertemu dengan orang-orang baru, dan menghabiskan waktu tanpa bimbingan orang tua, dapat menjadi pengalaman yang mengejutkan bagi anak.

Kami senang untuk membagi beberapa tips untuk mengantisipasi hari pertama sekolah agar lancar berjalannya.

1. Bicarakan kepada anak Anda tentang sekolah

Satu hal yang penting dan mudah dilakukan, namun sering diabaikan, adalah mengenalkan anak Anda kepada konsep sekolah.

Anda dapat menceritakan hal-hal yang seru dan positif tentang apa yang Anda pernah temukan saat di sekolah. Contohnya, cobalah untuk menceritakan tentang teman-teman baru yang Anda temui (pada saat kapan pun) di sekolah, yang hingga kini masih berteman dengan Anda. Ceritakan hal-hal yang lucu tentang guru-guru Anda. Jika masih memilikinya, cobalah untuk berbagi album foto ketika Anda masih berseragam. 

Sekolah seharusnya tidak jauh berbeda dari Sekolah Minggu. Anda bisa jelaskan kepada anak Anda bahwa mereka akan menghabiskan waktu bersama teman-teman baru dan guru, untuk bernyanyi, bermain dan membuat karya seni… hanya saja Mama dan Papa tidak bisa ikut serta.

mom and kids

2. Kunjungi sekolah sebelum hari pertama

Mengunjungi sekolah sebelum kelas pertama dimulai adalah ide yang bagus. Anda dapat mempertemukan anak Anda dengan gurunya agar membantu anak Anda membangun rasa percaya. 

Selain itu anak Anda juga dapat melihat ruang kelasnya seperti apa. Biarkan dia untuk membiasakan diri melihat pernak pernik, poster dan gambar yang menarik di ruang kelas. Lalu kunjungi taman bermain agar anak Anda melihat betapa banyak mainan yang dapat dicoba nantinya. Ini pasti akan memberi mereka semangat untuk pergi ke sekolah.

Kegiatan ini bermaksud untuk membangun rasa percaya dan kenyamanan anak Anda dalam lingkungan yang baru, agar dia juga tidak terlalu gelisah ketika harus meninggalkan Anda untuk memulai kegiatan sekolah. 

kebiasaan baru

3. Biasakan anak Anda dengan rutinitas baru

Rutinitas yang baru akan terlihat asing bagi anak Anda. Mereka jadi perlu mengikuti sebuah jadwal, seperti bangun tidur, mandi dan sarapan pada tepat waktu.

Akan tetapi mengajarkan anak untuk membiasakan diri dalam mengikuti jadwal adalah langkah awal pelajaran bertanggung jawab. Kemampuan ini akan terbawa sampai dewasa. Jadi, jika anak Anda tidak mau mengikuti peraturan dan jadwal, cobalah untuk memberi dorongan dengan sabar.  

Kami menyarankan Anda untuk mempersiapkan semua hal ini minimal satu minggu sebelum hari pertama sekolah.

Tentang TK di Sekolah IPEKA

Guru kami yang berpengalaman dapat membantu anak Anda agar transisi hari pertama sekolah lebih mudah, dan untuk memulai langkah terpenting mereka dalam perjalanan pendidikan mereka. Pelajari lebih lanjut tentang kehidupan di taman kanak-kanak dan kelas dasar di IPEKA.

Berita Lainnya

Cara Agar Membantu Anak untuk Fokus Ketika Belajar

Berfokus merupakan kemampuan yang penting tidak hanya dalam dunia akademis tetapi juga dalam bagain-bagian lain…

Baca Lebih Lanjut
Cara Mendorong Anak untuk Ikut Serta Dalam Olahraga Tim

Anak-anak yang berolahraga cenderung lebih sehat dan senang. Mereka berlatih untuk bekerja sama, mereka sehat…

Baca Lebih Lanjut
Manfaat Belajar Musik Untuk Perkembangan Anak

Apakah Anda masih ingat ketika bermain musik pada masa kecil? Anda pasti sudah pernah terpapar…

Baca Lebih Lanjut
Manfaat Kesehatan Berenang Untuk Anak

Berenang merupakan aktivitas yang digemari banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bahkan…

Baca Lebih Lanjut