Manfaat Kesehatan Berenang Untuk Anak

Manfaat Kesehatan Berenang Untuk Anak

Berenang merupakan aktivitas yang digemari banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bahkan sampai aktivitas ini dianggap sebagai rekreasi karena saking menyenangkannya. Aktivitas berenang merupakan olahraga yang sangat efektif dibandingkan dengan olahraga lainnya dengan berbagai macam manfaat bagi tubuh anak.

manfaat berenang bagi anak

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kegiatan berenang untuk anak Anda:

Memperkuat jantung

Gerakan yang dilakukan pada saat berenang seperti mendorong dan menendang, dan mengatur pernapasan, dapat memperlancar sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh. Berenang dapat dikatakan sebagai kegiatan aerobik, karena bermanfaat untuk jantung dan paru-paru.

Melatih pernapasan

Renang dapat melatih pengaturan pernapasan anak yang dapat menguatkan paru-paru dan membantu agar pernapasan menjadi lebih teratur. Bagi anak-anak yang mempunyai penyakit asma, berenang juga dapat membantu untuk mengatasinya. Penting untuk dicatat bahwa anak-anak harus diawasi oleh orang dewasa saat berenang, terutama yang mempunyai penyakit asma. 

Membakar kalori

Renang merupakan aktivitas olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori. Ini karena semua anggota tubuh bergerak secara bersamaan saat berenang. Banyak energi yang diperlukan untuk menggerakan tubuh agar dapat bergerak dalam air, sehingga energi yang terbakar lebih tinggi dibanding dalam kegiatan yang lain.  

Tinggi badan bertambah

Berenang dapat bermanfaat khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk menambah tinggi badan mereka. Olahraga ini dapat membuat otot-otot menjadi lebih lentur yang membuat tinggi badan anak bertambah.  

Mengurangi stress

Pergerakan badan yang terjadi saat berenang dapat membuat otot menjadi rileks. Berenang seperti terapi bagi tubuh dan juga dapat melepaskan rasa cemas dari pikiran. Gerakan renang dapat membantu untuk melemaskan otot dan sendir yang tegang, menyegarkan dan menjadikan badan agar lebih fit.

Menguatkan otot

Karena hampir seluruh bagian otot tubuh bergerak untuk mendorong air, energi yang digunakan saat berenang sangat besar sehingga memperkuat dan melenturkan setiap otot tubuh. 

Anda dapat memperkenalkan aktivitas renang kepada anak Anda sejak dini, agar mereka mendapatkan manfaat renang secepat mungkin. Mulailah dari kegiatan yang menyenangkan dalam air terlebih dahulu sebelum mengajak mereka melakukan olahraga di dalam kolam renang. 

Seiring umur mereka bertambah, kegiatan berenang juga dapat menjadi hobi atau olahraga rutin mereka yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.  

Related News

Tips membantu siswa untuk belajar online

Teknologi secara bertahap memiliki peran yang penting dalam pendidikan di seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa…

Read More
Cara untuk memberi motivasi kepada anak supaya rajin belajar

Sebagai orang tua, kita pasti ingin anak-anak kita menjadi sukses secara akademis. Namun perlu diketahui…

Read More
IPEKA SPECIAL WEEK

Dampak Covid-19 memberikan beban ekonomi yg berat bagi kebanyakan orang, sedangkan kebutuhan untuk menyekolahkan anak…

Read More
Mengajar Anak Agar Tetap Produktif Saat Liburan Sekolah

Bagi anak-anak sekolah, liburan merupakan kesempatan untuk mengalih perhatian dari tekanan sekolah, dan melakukan kegiatan…

Read More