Ayo Bangkit Bersama di Hari Kebangkitan Nasional

Ayo Bangkit Bersama di Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional, Hari Kebangkitan Nasional atau dikenal dengan Harkitnas tetap diperingati setiap tahunnya untuk terus memelihara semangat gotong-royong dalam melaksanakan pembangunan Indonesia. Upacara peringatan pertama diadakan di Yogyakarta oleh Presiden Soekarno pada tahun 1948.

Harkitnas merupakan hari lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri pada tahun 1908. Pada masanya, Dr. Soetomo beserta para pelajar STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlands Artsen) mendirikan Organisasi Boedi Oetomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa - bangsa lain dan membangun kesadaran untuk bersatu sebagai bangsa. Lahirnya Organisasi Boedi Oetomo mempelopori pembentukan organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah.

Tahun ini, Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnny G Plate telah menerbitkan Pedoman Penyelenggaraan Harkitnas 2022 yang berisikan tentang tema peringatan Harkitnas yang diangkat yaitu “Ayo Bangkit Bersama”. Dalam pedomannya dikatakan bahwa tema ini diangkat sebagai peringatan bagi kita sebagai warga bangsa Indonesia bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19. Pandemi telah melanda di seluruh dunia selama dua tahun terakhir ini dan banyak orang yang terkena dampaknya dari segala bidang, baik ekonomi maupun kesehatan diri. Harkitnas kali ini mengajak kita untuk membangkitkan kembali semangat kita agar kita bisa bangkit dari pandemi COVID-19 bersama-sama.

Dalam rangka memperingati Harkitnas, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan:

  1. Upacara Bendera / Melakukan Pengibaran Bendera Merah Putih
  2. Mengunjungi Museum Bersejarah seperti Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta
  3. Ziarah ke Taman Makam Pahlawan
  4. Mempublikasikan atau mendokumentasikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional melalui sosial media

Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Mari satukan semangat gotong royong dan semangat persatuan dalam membangun bangsa. "Ayo Bangkit Bersama " agar Indonesia kembali jaya.

Related News

Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila

Negara Republik Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 1 Juni…

Read More
Memaknai Hari Kenaikan Tuhan Yesus

Hari ini, 25 Mei 2022 umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan kenaikan Isa Almasih.…

Read More
Yuk Bangun Budaya Membaca Sejak Dini

Banyak orang berkata bahwa buku adalah jendela dunia. Buku dapat membawa kita kemana saja, karena…

Read More
Yuk, Kita Peringati Hari Buku Nasional Bersama!

17 Mei 2022 bangsa Indonesia akan memperingati Hari Buku Nasional. Hari Buku Nasional yang juga…

Read More