IPEKA Internasional bertransisi dari Content menjadi Concept-Based Inquiry

IPEKA Internasional bertransisi dari Content menjadi Concept-Based Inquiry

Bagaimana kita mengatasi laju perubahan pengetahuan yang cepat di era internet saat ini, dan memastikan murid terlibat dalam pembelajaran yang lebih mendalam di kelas mereka? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang coba dijawab oleh pimpinan sekolah IPEKA pada 27 Januari 2023, dalam Workshop dan Diskusi Meja Bundar Concept-Based Inquiry yang diadakan di Kantor Pusat IPEKA.

Concept-Based Inquiry adalah pendekatan pengajaran mendatang yang semakin populer terutama di sekolah IB di seluruh dunia. Departemen Kurikulum Internasional IPEKA mulai mengeksplorasi pendekatan yang menantang ini pada awal Agustus 2022 dengan mengikuti workshop online selama 2 hari dengan peserta dari seluruh dunia. Setelah itu, tim melakukan diskusi yang luas dan intensif tentang CBI sementara Kepala Bagian Implementasi Kurikulum kami menjalani program sertifikasi guru CBI.

Selama fase penelitian ini, tim berusaha merancang unit CBI dan menerapkannya di Kelas 4 Sains di IICS. Ini menghasilkan hasil yang menjanjikan dan melihat peningkatan keterlibatan dan pemikiran ke depan di antara para murid. Beberapa murid bahkan mengejutkan kami dengan ide-ide yang jauh melampaui tingkat kelas mereka.

Di Kantor Pusat, tim pelatihan dan kurikulum sibuk merencanakan implementasi jangka pendek hingga jangka panjang, termasuk ke seluk-beluk program. Anggota Direktorat lainnya bahkan berpartisipasi dalam aplikasi unit sehingga tim semakin memahami pendekatan tersebut.

Di awal tahun ini, CBI secara resmi diperkenalkan kepada para guru IPEKA CPI melalui serangkaian pelatihan 8 hari yang diberikan oleh tim kurikulum kami yang bekerja keras, di mana mereka dapat mulai membuat rencana unit yang mencakup mata pelajaran yang akan mereka ajarkan. Didampingi oleh Kepala Sekolah mereka, tim CPI mengambil tantangan dan menemukan pengalaman sebagai salah satu yang dapat mereka bawa ke kelas untuk menginspirasi siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dalam.

Akhirnya, pada tanggal 27 Januari 2023, pimpinan sekolah dari IPEKA IICS, BSD, Palembang 2, dan CPI berkumpul dalam kelompok membahas berbagai aspek CBI. Para pemimpin menjalani simulasi unit, mengatur konsep mereka sendiri, dan membuat generalisasi mereka sendiri. Diskusi tentang implementasi berlangsung yang menjawab beberapa pertanyaan hangat hari ini. Pada akhirnya, para pemimpin membawa kembali ide dan sumber daya yang akan membantu mereka menjalankan pendekatan CBI di masing-masing sekolah mereka.

Berikut adalah beberapa kesaksian dari Kepala Sekolah kami:

“Saya mencoba pendekatan CBI kemarin di G8 menggunakan debat 4 sudut dalam fase menarik. Itu menyenangkan dan murid menikmati jenis pembelajaran penemuan. Itu membuat saya mengerti mengapa persiapan itu sangat penting .. pertanyaan panduan dan sebagainya.

“Dibiarkan bersemangat dan bersemangat… Saya senang menjadi bagian dari ini. …(Kepada)... tim kurikulum ~ seruan besar dan terima kasih’.”

Inisiatif ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dari manajemen IPEKA, tim kurikulum dan pelatihan, serta berbagai anggota Direktorat Internasional. Kolaborasi antara semua orang yang terlibat sangat luar biasa dan kami menganggap bahwa ini adalah awal dari pengajaran dan pembelajaran yang lebih baik di lokasi kami.

Related News

INFORMASI PENTING MENGENAI TES SAT 11 Maret 2023

SAT masih menjadi salah satu aspek penting dalam proses penerimaan universitas. Bahkan ketika universitas-universitas AS…

Read More
Menyambut Semester Baru dengan Professional Deveploment Day

View this post on Instagram A post shared by Sekolah Kristen IPEKA (@sekolahkristenipeka) Untuk memperlengkapi…

Read More
Kebaktian dan Perayaan Natal Guru dan Karyawan IPEKA

View this post on Instagram A post shared by Sekolah Kristen IPEKA (@sekolahkristenipeka) Untuk mengungkapkan…

Read More
11 Murid SMP IICS Raih Juara Pertama di World Scholar’s…

Sebelas pelajar SMP IPEKA INTEGRATED Christian School (IICS) berhasil mengukir prestasi tingkat internasional di ajang…

Read More