Selamat Hari Guru Nasional

Selamat Hari Guru Nasional

Guru seringkali disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Guru memiliki tugas mendidik anak didiknya sehingga mereka disebut sebagai pahlawan. Mendidik  murid, memberikan keteladan, dan memastikan bahwa mereka tumbuh menjadi orang bijak bukanlah tugas yang mudah. 

Seorang guru memberikan keteladan dan contoh bagi murid-murid dalam setiap aspek kehidupan. Terima kasih untuk Bapak dan Ibu guru yang telah memberikan keteladanan, ilmu, waktu, dan kesabaran untuk mengajar murid-murid. 

 

Sejarah Hari Guru

Berkaitan dengan peringatan Hari Guru Nasional, peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Mengutip kompas.com, peringatan Hari Guru secara resmi ditetapkan pada 1994 melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Karena pentingnya peran guru, Sartono pencipta Hymne guru menggambarkannya dengan "pelita dalam kegelapan" dan "embun penyejuk dalam kehausan". Menjelang peringatan Hari Guru pertama kali, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Wardiman Djojonegoro, menyebut segala prestasi dalam pendidikan tak lepas dari seorang guru.

 

Tema Hari Guru Nasional 2021

Tahun 2021 ini, tema Hari Guru Nasional adalah “Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan.” Tema ini menggambarkan bahwa di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, perjuangan para guru sebagai tenaga pendidik menghadapi tantangan yang semakin berat. Terjadi perubahan besar dalam dunia pendidikan, terutama pada pelaksanaan proses belajar mengajar. Dalam segala keterbatasan, para guru tidak menyerah, mereka  terus berupaya menjalankan tugas mulia sebagai pendidik. 

Kiranya tema ini, memberikan semangat kepada para guru, bahwa kehadiran mereka sangat berarti bagi karakter dan masa depan generasi muda. Kiranya para guru dapat tergerak hatinya untuk maju bersama memulihkan pendidikan, bergerak menggunakan hati, rasa, pikiran dan tindakan nyata dalam memulihkan situasi pendidikan.

Selamat Hari Guru Nasional. 

Related News

Ayo Bangkit Bersama di Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional,…

Read More
Yuk Bangun Budaya Membaca Sejak Dini

Banyak orang berkata bahwa buku adalah jendela dunia. Buku dapat membawa kita kemana saja, karena…

Read More
Yuk, Kita Peringati Hari Buku Nasional Bersama!

17 Mei 2022 bangsa Indonesia akan memperingati Hari Buku Nasional. Hari Buku Nasional yang juga…

Read More
Digital SAT – Research Study

IPEKA Integrated Christian School (IICS) telah lama bermitra dengan College Board untuk menghadirkan SAT Suites of…

Read More