Cerdas Memanfaatkan Kekuatan Sosial Media!

Cerdas Memanfaatkan Kekuatan Sosial Media!

Maraknya penggunaan media sosial bukanlah hal yang baru di Indonesia. Dari awal munculnya hingga saat ini keterikatan masyarakat terhadap media sosial semakin meningkat. Hanya dengan perangkat seluler, siapapun mereka, dimanapun, dan kapanpun dapat mengakses hampir seluruh informasi yang mereka butuhkan dengan cepat.

Penggunaan media sosial saat ini pun membawa perubahan perilaku terhadap masyarakat. Peran media yang awalnya untuk pertukaran informasi berkembang menjadi alat interaksi dan sosialisasi tanpa dibatasi jarak, ruang, dan waktu yang kemudian membentuk jaringan sosial. Jaringan sosial yang kebanyakan digerakkan anak-anak muda ini adalah tempat utama mereka untuk saling berbicara, bertukar pandangan, dan kemudian saling mempengaruhi. 

Peran media sosial dalam membentuk jaringan dan mempengaruhi perilaku masyarakat ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja. Bahkan saat ini murid-murid SD pun sudah memanfaatkan jejaring sosial media. Murid-murid tingkat SMP dan SMA juga banyak yang memanfaatkan dan membuat akun media sosial untuk keperluan promosi dan kampanye kegiatan-kegiatan sekolah. 

Selain peran positif media sosial, dan efek jaringannya yg begitu luas, tidak jarang marak pula terjadinya penyalahgunaan media sosial seperti penyebaran hoax dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan. Simak tips berikut untuk menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab, ataupun membantu anak-anak untuk menggunakannya dengan bijak:

  • Jangan Asal Posting Konten
    Sadari betul bahwa akun media sosial kita atau anak-anak kita bisa dilihat secara publik, termasuk semua postingan di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan lebih bijak dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di media sosial.
  • Bijak Dalam Mencantumkan Informasi
    Dalam akun media sosial, jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detail seperti alamat ataupun nomor ponsel.
  • Jaga Etika
    Jaga selalu etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita. Hindari penggunaan kata-kata kasar.
  • Filter Akun-akun yang Diikuti
    Kita dapat mengawasi atau membantu anak-anak untuk memfilter akun-akun yang kurang baik atau kurang bermanfaat.

Berita Lainnya

Hari Anak Nasional – Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 23 Juli. Berbeda dengan peringatan…

Baca Lebih Lanjut
Dukung Program Pemerintah, Sekolah Kristen IPEKA Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19

Sekolah Kristen IPEKA bekerja sama dengan Persekutuan Gereja-gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) dan Sentra Vaksinasi Gereja…

Baca Lebih Lanjut
Sekolah Kristen IPEKA bekerjasama dengan PGTI dan Sentra Vaksinasi GKY…

Sentra Vaksinasi Covid-19 Khusus Untuk Murid SMAK IPEKA Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat…

Baca Lebih Lanjut
Retret Online Guru Karyawan Sekolah Kristen IPEKA

Puji Tuhan, Sekolah Kristen IPEKA bersyukur dapat mengadakan retret online bagi seluruh Guru dan Karyawan…

Baca Lebih Lanjut