Manfaat Belajar Musik Untuk Perkembangan Anak

Manfaat Belajar Musik Untuk Perkembangan Anak

Apakah Anda masih ingat ketika bermain musik pada masa kecil? Anda pasti sudah pernah terpapar dengan nada dan irama  musik dari umur yang sangat muda, baik dari orang tua atau dari sekolah. 

Mempelajari dan bermain musik telah terbukti dapat mengembangkan fungsi kognitif pada anak-anak, dan menjadi pendamping yang baik bagi pendidikan akademis mereka.

musik bagi anak

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari seni musik untuk perkembangan anak-anak? Simaklah artikel yang kami lansir sebagai berikut.

Kembangkan keterampilan dan koordinasi motorik

Memainkan alat musik melibatkan koordinasi pada jari dan tangan, serta mempertajamkan telinga saat mendengarkan nada dan irama. Keharmonisan gerakan ini melatih kemampuan motorik dan sensitivitas telinga mereka untuk mengembangkan koordinasi antara berbagai macam indra.

Mempercepat perkembangan otak

Banyak riset telah menunjukkan bahwa mempelajari musik dapat meningkatkan pertumbuhan fungsi otak pada anak-anak. Bahkan sekadar mendengarkan musik sendiri dapat memicu dan menstimulasi otak. Oleh karena itu, bermain alat musik dan bernyanyi dapat menunjang pertumbuhan ini lebih baik lagi dan memungkinkan otak untuk membentuk koneksi dan jaringan baru pada saraf. 

Tingkatkan keterampilan bahasa

Penelitian telah menunjukkan secara konsisten bahwa anak-anak yang aktif belajar musik menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa dan lisan mereka. Mereka juga cenderung lebih mudah membaca dan menampung informasi dari bacaan mereka. Kemungkinan besar ini disebabkan karena belajar musik melibatkan sisi kiri otak mereka, yaitu bagian yang berhubungan dengan linguistik dan logika. Inilah sebabnya terkadang anak-anak lebih mudah mengingat atau menghafal sesuatu ketika mereka menyanyikan informasi tersebut dalam bentuk lagu, contohnya seperti nyanyian alfabet. 

Bagaimana menurut Anda manfaat yang kami bagikan terkait belajar musik pada anak-anak? Mendalami musik, baik melalui instrumen maupun menyanyi dapat memberikan manfaat yang nyata bagi perkembangan mereka. Bahkan, bisa disimpulkan bahwa manfaatnya dapat menjangkau di luar kelas, dan bermanfaat dalam pelajaran mereka yang lain dan sekalian juga memberikan landasan untuk terus memperluas keterampilan mereka yang lain.

Related News

Ayo Bangkit Bersama di Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional,…

Read More
Yuk Bangun Budaya Membaca Sejak Dini

Banyak orang berkata bahwa buku adalah jendela dunia. Buku dapat membawa kita kemana saja, karena…

Read More
Yuk, Kita Peringati Hari Buku Nasional Bersama!

17 Mei 2022 bangsa Indonesia akan memperingati Hari Buku Nasional. Hari Buku Nasional yang juga…

Read More
Digital SAT – Research Study

IPEKA Integrated Christian School (IICS) telah lama bermitra dengan College Board untuk menghadirkan SAT Suites of…

Read More