Bingung Liburan Sekolah Mau Ngapain?

Bingung Liburan Sekolah Mau Ngapain?

Menjelang akhir tahun, kira-kira apa yang paling ditunggu oleh murid sekolah? Ya, libur panjang. Setelah melewati satu semester virtual yang begitu panjang, libur adalah hal yang paling mereka nantikan, dimana mereka tidak perlu bangun pagi untuk bersekolah. Tapi di tengah pandemi seperti ini, bepergian keluar kota tidak memungkinkan untuk sebagian orang di beberapa kota tertentu karena aturan pemerintah yang membatasi kegiatan masyarakat demi mencegah penularan virus Covid-19. Lantas apa yang bisa kita lakukan bersama dengan anak di masa liburan untuk mengisi waktu luangnya?

  1. Membuat prakarya
    Untuk mengisi waktu luang anak, cobalah ajak membuat prakarya bersama. Kita bisa mulai dengan menyusun stik es menjadi rumah atau gedung. Kegiatan ini juga bisa sekaligus mengajarkan warna dan bentuk kepada anak.
    Membuat prakarya juga tidak membutuhkan peralatan yang mahal dan kita bisa mengajak anak-anak membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang ada di rumah. Misalnya, memanfaatkan botol plastik, kotak tisu, piring/gelas kertas, atau kardus yang sudah tak terpakai. Arahkan mereka untuk membuat sesuatu yang berguna dari bahan-bahan bekas tersebut. Tidak hanya menjadi kegiatan yang menyenangkan, tetapi membuat prakarya dari barang bekas juga mengajarkan anak-anak pentingnya menjaga lingkungan.
  2. Memasak
    Memasak adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Jika orang tua memasak atau membuat kue, sertakan juga anak-anak. Anak-anak dapat belajar lebih banyak dari memasak. Kegiatan yang dilakukan selama memasak, seperti mencampur dan memotong bahan dan menghancurkan adonan,  dapat meningkatkan kinerja motorik halus dan kontrol kekuatan pada anak.
    Memasak juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan fungsi sensorik. Selain menambah keterampilan baru, anak-anak dapat melatih kreativitasnya dengan mencampur makanan dan menghias kue yang dipanggang.
  3. Menonton film
    Anak-anak suka menonton film. Orang tua dapat menghabiskan waktu menonton film bersama anak-anak mereka. Pilih film untuk anak-anak yang bernilai pendidikan atau film yang mereka suka agar anak-anak juga bisa belajar hal-hal baru. Sisipkan saran yang baik untuk memperluas pengetahuan anak-anak.
  4. Berkemah di halaman rumah
    Berada di  rumah bukan berarti membatasi diri dan anak untuk melakukan aktivitas seru selama liburan. Misalnya, kita bisa mengajak anak berkemah di rumah atau di dalam ruangan. Berkemah bersama keluarga bisa menjadi kegiatan liburan sekolah yang menyenangkan di masa pandemi COVID-19. Siapkan tenda dan tempat untuk tidur di tenda supaya anak seperti mengikuti kegiatan kemah yang sebenarnya. Tidak lupa juga untuk menyediakan makanan dan minuman. Berkemah melatih anak-anak untuk bekerja sama, belajar tentang lingkungan, menghadapi masalah dan menyelesaikannya. Mungkin terlihat mudah, namun bagi mereka kegiatan ini bisa jadi pengalaman yang sangat berkesan dan berharga.
  5. Olahraga bersama
    Memiliki tubuh yang sehat juga penting di masa pandemi seperti ini. Kita bisa mengajak anak-anak untuk berolahraga selama masa liburan sekolah di masa Pandemi COVID 19. Olahraga membuat tubuh sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anak-anak dapat bermain olahraga seperti lompat tali, hula hoop, bulu tangkis, dan catur di halaman. Kegiatan ini  sangat bermanfaat bagi anak-anak yang ingin memiliki tubuh sehat dan terhindar dari penyakit.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anak selama liburan di rumah. Apapun kegiatan yang dilakukan pasti ada pembelajaran baru yang anak-anak pelajari. Gunakan waktu liburan ini sebaik mungkin untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. 

Selamat berlibur!

Related News

Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila

Negara Republik Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 1 Juni…

Read More
Memaknai Hari Kenaikan Tuhan Yesus

Hari ini, 25 Mei 2022 umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan kenaikan Isa Almasih.…

Read More
Ayo Bangkit Bersama di Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional,…

Read More
Yuk Bangun Budaya Membaca Sejak Dini

Banyak orang berkata bahwa buku adalah jendela dunia. Buku dapat membawa kita kemana saja, karena…

Read More