Mengajar anak tentang gaya hidup yang sehat

Mengajar anak tentang gaya hidup yang sehat

Seorang filsuf bernama Aristoteles pernah berkata, “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali, sehingga kemajuan bukanlah suatu tindakan, tetapi kebiasaan yang kita lakukan setiap hari.” Kebiasaan merupakan suatu bagian yang melekat dengan hidup manusia, yang dapat membentuk karakter, integritas dan kualitas hidup. Dapat dikatakan, kebiasaan merupakan sesuatu yang menjadi sebuah landasan yang menentukan kualitas kita sebagai individu dan cara kita mempengaruhi lingkungan kita.

Dengan memahami hal ini, sudah jelas bahwa menanamkan kebiasaan baik kepada anak-anak kita sangat penting untuk mendorong pertumbuhan mereka sebagai individu. Dalam artikel ini, kami akan berbagi wawasan tentang bagaimana Anda dapat menanamkan kebiasaan baik kepada anak Anda sehingga dia dapat membangun gaya hidup yang sehat.

gaya hidup yang sehat

Biasakan mengkonsumsi makanan yang berserat

Nutrisi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan kognitif dan fisiologis anak-anak. Pastikan anak Anda mendapatkan asupan sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan berserat tinggi dalam diet harian mereka. Akan membantu juga jika Anda membangun kebiasaan ini pada diri sendiri dan mempraktikkannya setiap hari. Sebab anak mempunyai kecenderungan untuk meniru perlakuan orang tua atau wali mereka. Karena itu, kita semua harus menjadi contoh bagi anak-anak kita.

 

Kurangi konsumsi gula

Sebagai tambahan dari poin pertama, penting juga untuk mengendalikan asupan makanan mereka dengan cara mengurangi konsumsi gula. Kurangi konsumsi minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, dan minuman konsentrat seperti sirup atau jus dalam kemasan. Untuk minuman bergula konsentrat, ikuti saran kemasan untuk mengencerkan kadar gula sebelum menyajikan.

 

Menjaga kebersihan mulut

Kebersihan mulut merupakan salah satu kebiasaan yang harus ditanam sejak dini. Kita kadang lupa bahwa gigi juga merupakan organ vital, seperti paru-paru, jantung, dan ginjal. Gigi adalah bagian dari sistem kerangka, bersama dengan tulang. Ajarilah anak-anak Anda untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Anda juga dapat menyikat gigi bersama mereka, sehingga mereka dapat memahami pentingnya kebersihan mulut. Kebiasaan sederhana ini bisa membantu mencegah gigi berlubang, kerusakan gigi, dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan gusi.

 

Minum air yang cukup

Minum air yang cukup tampaknya seperti kebiasaan yang mudah dilakukan, tetapi juga mudah untuk dilupakan. Sayangnya, banyak anak-anak lebih tertarik untuk minum minuman manis. Agar membantu anak menjaga kehidupan sehat, jadikan meminum air sebagai kegiatan yang rutin. Buatkan infused water dengan mencampur air dengan lemon, mentimun, stroberi atau buah-buahan lain yang mereka suka sehingga memudahkan mereka untuk membangun kebiasaan ini.

 

Sekolah Kristen Terpadu IPEKA

IPEKA Integrated Christian School (IICS) adalah lembaga pendidikan yang berpusat pada ajaran Kristiani untuk mendidik anak muda menjadi pemimpin masa depan. Kurikulum kami menggabungkan standar internasional untuk pemaparan akademik, dan juga mengintegrasikan pengembangan karakter untuk membangun individu yang berkualitas dan berdampak positif terhadap lingkungan mereka.

Related News

Permainan Anak-anak di Rumah Bersama Keluarga

Sebelum keadaan pandemi virus corona, anak-anak Anda pasti lebih sering dikelilingi oleh teman-teman dan guru-gurunya…

Read More
Panduan Penggunaan Medsos Cermat untuk Kaum Muda

Media sosial (disingkat menjadi “medsos”) adalah sesuatu yang telah hadir beberapa waktu yang lalu, dan…

Read More
Dampak gadget dan bagaimana mereka dapat memfasilitasi pendidikan untuk anak-anak

Kita hidup dalam masa dimana teknologi kian berperan dalam kehidupan anak-anak kita. Munculnya gadget atau…

Read More
Tips membantu siswa untuk belajar online

Teknologi secara bertahap memiliki peran yang penting dalam pendidikan di seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa…

Read More