Panduan Penggunaan Medsos Cermat untuk Kaum Muda

Panduan Penggunaan Medsos Cermat untuk Kaum Muda

Media sosial (disingkat menjadi “medsos”) adalah sesuatu yang telah hadir beberapa waktu yang lalu, dan akan tetap menyangkut pada kehidupan modern kita kedepannya. Oleh karena itu sangat penting bagi kaum muda untuk menggunakannya dengan bijaksana. Meskipun menggunakan medsos tak jauh dari resiko yang mungkin terjadi jika disalahgunakan, tetap saja kaum muda dan generasi seterusnya akan menggunakannya.

Sebagai orang tua, kita perlu lebih memahami media sosial, dan mencari langkah yang tepat untuk menurunkan resiko dan meningkatkan keuntungan dari teknologi ini. Ikuti tips berikut ini agar anak remaja Anda tetap aman menggunakannya.

Media Social

1. Bicarakan mengenai konsep reputasi online

Persis seperti reputasi di dunia offline, reputasi online juga sesuatu yang nyata. Postingan atau komentar yang salah dapat berpotensi merusak reputasi anak remaja Anda, sehingga orang tua harus membicarakan pentingnya untuk Berpikir Sebelum Posting. Tunjukkan pada mereka kasus di mana reputasi online seseorang hancur karena postingannya, lebih disukai orang biasa, bukan orang-orang terkenal. Lebih baik lagi,  berikan mereka tugas untuk menemukan sendiri kasus-kasus ini sehingga mereka belajar.

 

2. Tunjukkan pada mereka contoh postingan yang baik dan buruk

Jika anak Anda merasa bahwa jika Anda meminta akses ke akun mereka termasuk mengganggu privasi mereka, tidak perlu khawatir. Cukup mintalah mereka untuk menunjukkan kepada Anda contoh seperti apa postingan yang baik dan buruk. Postingan yang baik harus positif, memotivasi, tidak menghasut ujaran kebencian, tidak mengandung gambar provokatif atau kata-kata yang menyakitkan. Sebagai pedoman umum, bertanya kepada mereka, "Apakah kamu akan mengirim ini ke kakek-nenek kamu?"

 

3. Ikuti akun media sosial remaja Anda

Ikuti akun mereka yang paling aktif, bukan dengan maksud untuk memantau postingan mereka, melainkan untuk mempelajari ketertarikan mereka dalam dunia online, dan konten yang mereka sukai. Harap jangan kaget jika orang yang mereka ikuti mungkin terlihat kasar atau menyinggung. Daripada membela mereka (yang mungkin mempermalukan mereka, meskipun berminat baik), perhatikan anak remaja Anda menghadapi situasi ini dan berikan bimbingan jika diperlukan.

 

4. Motivasikan penggunaan medsos untuk menawarkan nilai baik, bukan menjadi lebih baik daripada yang lain

Tekanan sosial remaja dapat diperkuat dalam dunia online. “Likes” dan komentar sering menjadi tolok ukur bagi 'kesuksesan sosial'. Hal ini membuat remaja memposting hal-hal hanya untuk mendapatkan tepuk tangan, bahkan meskipun itu tidak menawarkan nilai apa pun, atau lebih buruk lagi, jika itu membahayakan reputasi remaja Anda.

Penggunaan media sosial yang lebih baik adalah memposting sesuatu yang bermanfaat, positif, menghibur, dan bernilai. Ingat bahwa postingan yang menunjukkan betapa hebatnya seseorang akan hanya diingat secara singkat. Tetapi pos yang membantu atau memotivasi seseorang akan diingat seumur hidup. Kerendahan hati adalah salah satu nilai yang sangat dihargai di IPEKA Integrated Christian School.

Related News

Permainan Anak-anak di Rumah Bersama Keluarga

Sebelum keadaan pandemi virus corona, anak-anak Anda pasti lebih sering dikelilingi oleh teman-teman dan guru-gurunya…

Read More
Dampak gadget dan bagaimana mereka dapat memfasilitasi pendidikan untuk anak-anak

Kita hidup dalam masa dimana teknologi kian berperan dalam kehidupan anak-anak kita. Munculnya gadget atau…

Read More
Mengajar anak tentang gaya hidup yang sehat

Seorang filsuf bernama Aristoteles pernah berkata, “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali, sehingga…

Read More
Tips membantu siswa untuk belajar online

Teknologi secara bertahap memiliki peran yang penting dalam pendidikan di seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa…

Read More