Permainan Anak-anak di Rumah Bersama Keluarga

Permainan Anak-anak di Rumah Bersama Keluarga

Sebelum keadaan pandemi virus corona, anak-anak Anda pasti lebih sering dikelilingi oleh teman-teman dan guru-gurunya saat di sekolah. Lalu, semuanya berubah ketika protokol physical distancing diterapkan dalam upaya pengurangan penyebaran virus. Untuk si kecil, pandemi ini seperti mimpi yang aneh. Mereka pasti bertanya-tanya mengapa mereka tidak boleh bertemuan dengan teman-temannya di sekolah, dan bisa menjadi bosan di rumah.

Untuk membantu mereka melalui pandemi ini, kami menyarankan agar anggota keluarga Anda lebih aktif dalam mempersiapkan kegiatan seperti permainan keluarga, agar menjaga kesehatan fisik dan mental anak-anak Anda. Tidak hanya sekedar sebagai hiburan untuk anak-anak, tetapi permainan keluarga menciptakan kesempatan untuk waktu family bonding. Inilah beberapa rekomendasi kita.

Bermain bersama keluarga

1. Permainan papan (board games) tidak pernah kalah banding dengan permainan komputer

Permainan papan dari dulu hingga kini selalu mempunyai cara khusus untuk menyenangi semua anggota keluarga. Anak-anak kecil akan lebih menikmati permainan dengan peraturan-peraturan sederhana serta komponen permainan yang warna-warni. Contoh yang klasik adalah Ular Tangga, Guess Who?, dan Operation.

Anak-anak yang lebih tua akan menikmati permainan yang menantang kemampuan berpikir abstrak mereka. Contoh permainan yang bisa memfasilitaskan ini adalah Risk, Monopoly, catur dan Chekers / Draughts. Permainan-permainan lain merupakan simulasi yang seru, seperti Game of Life, Battleship, dan Settlers of Catan.

 

2. Permainan keluarga yang memperbolehkan anak-anak bebas berimajinasi

Permainan keluarga yang kreatif tidak dibatasi dengan permainan papan di atas meja. Ada juga permainan klasik yang seru yang tidak memerlukan mainan satupun, dan hanya gerakan tubuh saja, seperti charades dan guess the drawing, keduanya adalah permainan tebak-tebakan.

Jika keluarga Anda berjiwa kesenian, drama improvisasi dan memainkan musik juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Kreativitas tidak mengenali batas. Jika Anda memperbolehkan, anak-anak Anda bisa mendirikan kastil dari bantal dan sofa, dan bermain petak umpat di rumah.

 

3. Permainan keluarga di luar rumah untuk kegiatan olahraga

Sesekali Anda boleh saja bermain bersama anak-anak Anda di luar di taman yang luas. Setelah Anda mengajarkan anak Anda tentang physical distancing dan kebiasan higienis lainnya, Anda setidaknya bisa mengawasi mereka ketika mereka bermain. Namun kami menyarankan agar Anda tetap terlibat dalam permainannya.

Ini akan memastikan bahwa semua anggota keluarga berada di satu area permainan saja agar tidak berbenturan dengan orang-orang lain. Sebaiknya jangan bermain petak umpat supaya anak-anak Anda tidak bermain jauh dan menyentuh permukaan yang tidak bersih. Untuk permainan bola, lebih baik Anda menyediakan gawang bola basket atau sepak bola sendiri, agar tidak memakai fasilitas umum yang belum tentu bersih.

Kami counselor IPEKA Integrated Christian School peduli dengan kesehatan raga dan jiwa anak-anak. Tidak bisa diabaikan bahwa di tengah krisis yang terjadi sekarang, anak-anak Anda akan tetap bertumbuh dan berkembang seperti biasanya. Jika Anda ingin bertanya tentang parenting di tengah pandemi, Anda dipersilahkan untuk berkonsultasi dengan kami.

Berita Lainnya

Olahraga Anak-anak di Luar Rumah pada Saat New Normal

Anda mungkin pernah mengalami dilema seperti ini: Anda ingin keluarga Anda tetap sehat terutama selama…

Baca Lebih Lanjut
Aktivitas Seru dan Produktif untuk Anak-anak di Rumah

Sebelum pandemi, libur semester selalu menjadi sebuah hal yang dinantikan oleh anak-anak. Anak-anak Anda tidak…

Baca Lebih Lanjut
Mengapa Istirahat yang Cukup Sangat Penting untuk Anak

Istirahat, bersama nutrisi dan olahraga, adalah satu dari tiga pilar kesehatan, menurut kajian dari Harvard…

Baca Lebih Lanjut
Panduan Penggunaan Medsos Cermat untuk Kaum Muda

Media sosial (disingkat menjadi “medsos”) adalah sesuatu yang telah hadir beberapa waktu yang lalu, dan…

Baca Lebih Lanjut