Tips Mengatasi Kejenuhan Ketika Home Learning Selama Pandemi

Tips Mengatasi Kejenuhan Ketika Home Learning Selama Pandemi

Pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai mengakibatkan semua kegiatan belajar mengajar  masih harus tetap dilakukan secara online atau virtual. Pembelajaran tatap muka terbatas yang sudah berjalan juga diberhentikan sementara sampai keadaan pulih kembali. Selama pandemi, pembelajaran online yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun mengakibatkan rasa jenuh atau bosan. Banyak anak mereka bosan dengan kegiatan belajar mengajar yang terbatas dan kurangnya interaksi dengan teman sekelas. Duduk di depan laptop atau komputer sepanjang hari adalah salah satu penyebab kebosanan itu.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh tersebut? Dan bagaimana orang tua dapat membantu anak mengatasinya? Yuk simak tips di bawah ini.

  1. Buat tempat belajar yang nyaman
    Tempat belajar merupakan faktor terpenting ketika belajar di rumah. Pastikan area belajar di sekitar nyaman. Biarkan anak-anak memilih tempat yang paling nyaman untuk belajar. Jauhkan berbagai gangguan seperti mainan atau barang-barang yang tidak dibutuhkan, mematikan tv, dan tidak bersuara. Juga, pastikan area belajar anak-anak cukup terang dan ada sirkulasi udara yang baik.
  2. Membuat kelompok belajar
    Belajar sendiri terkadang membosankan, orang tua dapat mendorong anak untuk mengajak teman sekelas mereka belajar bersama melalui video call. Melalui kelompok belajar, anak-anak juga belajar bersosialisasi dan saling membantu melalui diskusi dalam mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, anak-anak juga dapat saling memberikan semangat dan motivasi teman sekelompoknya, serta menjaga hubungan agar tetap terjalin dengan baik.
  3. Metode belajar yang sesuai
    Belajar dapat dilakukan dengan banyak metode, seperti melihat rekaman video, membaca buku, mencatat kembali, dan juga mendengarkan rekaman suara / voice note. Metode belajar yang sesuai dapat membuat anak-anak lebih mudah memahami materi sekolah dan juga terhindar dari rasa bosan.
  4. Istirahat yang cukup
    Melihat layar terus menerus dapat membuat mata dan tubuh lelah akibat cahaya dari monitor, sisihkan waktu untuk beristirahat dengan memejamkan mata atau peregangan badan.
  5. Meluangkan waktu untuk hobi
    Melakukan hobi yang disukai oleh anak-anak, merupakan salah satu cara agar mereka tidak bosan belajar di rumah. Orang tua dapat mendorong anak-anak untuk meluangkan waktu dengan melakukan hal-hal atau hobi yang disukai. Misalnya seperti olahraga, membaca novel, nonton film di Netflix, memasak, atau kegiatan yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Anak-anak juga bisa mencoba kegiatan lain yang mungkin bisa menjadi hobi atau pengalaman baru bagi mereka.

Itulah tips-tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan ketika home learning di masa pandemi. Semoga pandemi ini segera berakhir dan anak-anak dapat kembali belajar tatap muka secara langsung. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu!

Related News

Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila

Negara Republik Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 1 Juni…

Read More
Memaknai Hari Kenaikan Tuhan Yesus

Hari ini, 25 Mei 2022 umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan kenaikan Isa Almasih.…

Read More
Ayo Bangkit Bersama di Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional,…

Read More
Yuk Bangun Budaya Membaca Sejak Dini

Banyak orang berkata bahwa buku adalah jendela dunia. Buku dapat membawa kita kemana saja, karena…

Read More