Learner

Learner

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), belajar berasal dari kata ajar yang berarti petunjuk yang diberikan untuk mengetahui atau menaati. Kata belajar dapat diartikan sebagai usaha untuk memperoleh bimbingan. Bimbingan itu seperti penunjuk arah yang menuntun kita untuk mencapai tujuan kita. Jadi, belajar harus menjadi upaya untuk sampai ke tujuan.

Tujuan hidup orang Kristen adalah untuk memuliakan Tuhan. Oleh karena itu, dalam konteks kehidupan Kristiani, belajar berarti upaya memperoleh bimbingan untuk memuliakan Tuhan. Itulah sebabnya belajar adalah suatu keharusan bagi orang Kristen.

Selain melalui firman-Nya, Tuhan dapat menggunakan pengalaman hidup kita untuk membawa kita pada tujuan hidup kita. Mari kita baca Kejadian 50:20, “Tetapi kamu, maksudmu jahat terhadap aku; tetapi Tuhan bermaksud untuk kebaikan, untuk mewujudkannya seperti sekarang ini, untuk menyelamatkan banyak orang agar tetap hidup.” Kisah hidup Yusuf mengingatkan kita bahwa kita dapat belajar dari pengalaman hidup untuk memahami kehendak Tuhan. Yusuf memahami rencana besar Tuhan melalui pengalaman panjang-Nya sejak dia dilemparkan ke dalam lubang oleh saudara-saudaranya hingga ketika dia menjadi perdana menteri di Mesir.

Oleh karena itu, ada dua hal penting yang harus kita pelajari untuk mencapai tujuan kita. Pertama, belajarlah dari Kitab Kehidupan, yaitu firman Tuhan. Kedua, belajar dari kehidupan itu sendiri. Peka terhadap kehendak Tuhan dalam setiap pengalaman kita. Mari menjadi pembelajar.

“Yang dulu tak kumengerti, s'karang Kau buat mengerti.
Kau singkapkan mataku dengan kasih-Mu.
Yang tak pernah kupikirkan, sungguh Kau t'lah sediakan.
Kau curahkan berkat-Mu limpah dalam hidupku.”
(Welyar Kauntu)

 

IPEKA Christian School

Di Sekolah Kristen IPEKA, kami berupaya mendidik generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang paling cakap. Karena kami adalah lembaga yang berpusat pada Kristen, kurikulum kami mencerminkan ajaran dan nilai-nilai Kristus sebagai cara untuk menanamkan karakter dan integritas untuk melengkapi pertumbuhan akademis mereka.

Pelajari lebih lanjut tentang program dan kurikulum akademik kami dengan mengunjungi situs web kami.

Related News

Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila

Negara Republik Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 1 Juni…

Read More
Memaknai Hari Kenaikan Tuhan Yesus

Hari ini, 25 Mei 2022 umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan kenaikan Isa Almasih.…

Read More
Ayo Bangkit Bersama di Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional,…

Read More
Yuk Bangun Budaya Membaca Sejak Dini

Banyak orang berkata bahwa buku adalah jendela dunia. Buku dapat membawa kita kemana saja, karena…

Read More