Aktivitas Seru dan Produktif untuk Anak-anak di Rumah

Aktivitas Seru dan Produktif untuk Anak-anak di Rumah

Sebelum pandemi, libur semester selalu menjadi sebuah hal yang dinantikan oleh anak-anak. Anak-anak Anda tidak harus berangkat sekolah, dan tetap berada di rumah. Akhir-akhir ini, liburan semester sepertinya telah kehilangan kenikmatannya. Setelah bekerja keras di rumah, mengerjakan tugas, dan belajar dengan aplikasi video conference, mereka kemudian akan menghabiskan waktu istirahat semester di tempat yang sama ketika mereka mengerjakan tugas sekolah, yaitu di rumah.

Rumah tentunya tidak harus menjadi sebuah tempat yang membosankan karena ada banyak kegiatan yang dapat membuat anak-anak Anda sibuk. Kegiatan ini sekaligus menawarkan manfaat dari sebuah pengalaman yang produktif. Berikut adalah beberapa ide tentang apa yang dapat anak-anak Anda lakukan.

Belajar memasak dengan orang tua

1. Belajar memasak dan menyiapkan makanan

Sejalan dengan gaya hidup #Dirumahsaja adalah menyiapkan hidangan makanan sendiri dan tidak bepergian ke tempat yang ramai seperti restoran. Keluarga Anda pasti rindu mencicipi masakan-masakan unik dalam sebuah restoran.

Mengapa tidak belajar membuatnya di rumah dan melibatkan anak-anak Anda? Baik itu pizza buatan sendiri dengan keju yang sangat banyak, atau semangkuk tteok-bokki yang lezat untuk menemani saat menonton film. Dapur Anda memiliki banyak potensi, dan anak-anak Anda akan menikmati sesi kreasi gourmet keluarga.

2. Hiasi rumah agar terlihat segar dan baru

Rumah bisa terlihat membosankan karena ruang-ruangnya terlihat familiar. Warna dindingnya terlihat sama; posisi semua perabot sama seperti dahulu. Jika Anda dapat berjalan di dalam rumah tanpa menabrak apapun sambil menutupi mata, inilah saatnya untuk mengatur ulang dan mendekorasi rumah.

Anak-anak Anda dapat menguji keterampilan seni dan kerajinan mereka. Pernahkah Anda ingin melihat kawanan burung bangau kertas di sekitar rumah? Akuarium kering dengan ikan-ikan yang terbuat dari paper mache? Bagaimana dengan mural yang membentang dari satu ruangan ke ruangan lainnya? Jadilah kreatif dan yang penting bersenang-senanglah bersama keluarga.

3. Kegiatan fundraising

Pandemi ini tidak baik kepada siapa pun, tetapi ada orang-orang yang mengalami lebih banyak kesulitan dibandingkan yang lain. Karena physical distancing, mungkin sedikit sulit untuk menjangkau orang lain dengan waktu kita, misalnya untuk mengajar, bermain, dan menemani orang-orang dalam kebutuhan. Hadiah terbaik yang bisa kita berikan saat ini adalah bantuan finansial.

Program fundraising yang dikelola oleh keluarga Anda bisa menjadi suatu pengalaman yang bermanfaat dan bermakna bagi anak-anak Anda. Ditambah dengan kemampuan menjual barang secara online, anak-anak Anda dapat terlibat dalam pembuatan produk atau layanan. Dari memasak makanan hingga membuat pakaian, ada cara agar anak-anak Anda menjadi kreatif, berjiwa wirausaha, dan sekaligus beramal.

 

Tentang IPEKA

IPEKA Integrated Christian School (IICS) berupaya membimbing individu-individu melalui teladan yang telah diberikan oleh Kristus. Menyaksikan siswa kami mengembangkan keterampilan dan bakat untuk melakukan pekerjaan amal adalah sebuah pemandangan yang indah untuk dilihat para pendidik.

Berita Lainnya

Pencapaian Luar Biasa IICS di HSC 2020

Puji Tuhan atas pencapaian IICS di Hasil Higher School Certificate (HSC) 2020, yang berhasil mencapai…

Baca Lebih Lanjut
Apa saja tanda-tanda bahwa anak-anak Anda memasuki usia pra-remaja?

“Mama, aku ke gedung sekolah sendiri ya, mama kiss good bye di sini aja ya”,…

Baca Lebih Lanjut
Makanan praktis untuk keluarga kebal dan sehat pada masa liburan

Waktu liburan hampir tiba, mari kita membahas beberapa cara untuk mempersiapkan liburan keluarga. Liburan keluarga…

Baca Lebih Lanjut
Cara efektif untuk mengajari anak remaja agar menjadi lebih tangguh

Para remaja masa kini akan menghadapi berbagai tantangan di masa depan, sehingga mengajarkan kaum remaja…

Baca Lebih Lanjut